Cara Menggiring Bola Dengan Baik

Cara Menggiring Bola Dengan Baik

Cara Menggiring Bola Dengan Baik

Cara Menggiring Bola - Olahraga sepakbola menjadi salah satu olahraga favorit banyak orang, dimana sistem permainannya sangat menarik untuk dilakukan. Hal ini tentu membuat banyak orang tertarik ingin memainkan olahraga sepakbola. Namun untuk bisa menjalankannya, harus ada 11 pemain untuk satu tim. Dimana dalam satu lapangan terdiri dari dua tim yang saling berhadapan dan harus ada wasit di dalamnya.

Dalam memainkan olahraga yang satu ini bisa dilakukan secara resmi atau hanya sekedar untuk mencari keringat saja. Akan lebih efektif jika anda memainkannya secara resmi supaya lebih serius dalam meningkatkan kualitas anda di bidang sepakbola. Apalagi jika anda memiliki hobi olahraga yang satu ini, tentu akan sangat efektif untuk anda jalankan bilamana mampu menjalankannya dengan baik.

Cara Menggiring Bola 

Dalam permainan sepakbola, ada berbagai macam teknik yang harus anda kuasai supaya bisa memainkan olahraga yang satu ini secara efektif.  Menggiring bola merupakan salah satu teknik yang sangat penting, dimana setiap pemain sepakbola harus bisa menggiring bola dengan baik. Istilah menggiring bola sama halnya dengan dribbling, dimana teknik ini akan menjadi penentu bagi anda sendiri dalam membawa bola. 

Dalam melakukan teknik dribbling dalam sepakbola bisa anda lakukan dengan cara seperti berikut:

a. Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Dalam melakukan dribbling bola bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam. Awali sika berdiri menghadap arah gerakan dan pandangan harus ke depan. Sikap kedua lengan di samping badan rileks dan pergelangan kaki diputar kea rah luar dan dikunci.

Setelah itu, dorong bola dengan menggunakan kaki bagian dalam ke arah depan dengan posisi kaki yang agak dibuka ke depan bersamaan dan kaki tumpu ikut bergerak. Seiring gerakan kaki, bola akan bergerak ke depan dan bergulir secara perlahan.

Untuk mengakhiri gerakan, hentikan bola dengan menggunakan telapak kaki pada bagian atas bola. Pastikan tumpuan berat badan berada pada kaki yang tidak mengenai bola, dan pandangan tetap lurus ke depan.

Lihat juga: Jumlah Pemain Sepakbola

b. Menggiring Bola Dengan Punggung Kaki

Dalam melakukan teknik menggiring bola menggunakan kaki punggung sama halnya dengan teknik menggunakan kaki bagian dalam. Dimana anda harus berdiri tegak menghadap ke arah bola. Lalu dorong bola dengan menggunakan kaki bagian punggung secara perlahan. Gunakan kaki sesuai yang anda inginkan baik kaki kanan ataupun kaki kiri.

Pastikan dalam melakukan dribbling memiliki dorongan yang sama. Sehingga bola tidak melaju terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Untuk mengakhiri gerakan yang satu ini bisa anda lakukan dengan cara menghentikannya menggunakan kaki bagian telapak kaki. Jika ingin memulainya lagi bisa mendorong bola ke depan menggunakan kaki bagian punggung.

c. Menggiring Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Selain bagian dalam dan punggung kaki, dalam menggiring bola juga dapat anda lakukan dengan menggunakan kaki bagian luar. Teknik yang satu ini juga sangat penting untuk dilakukan agar anda bisa menggiring bola dengan baik menggunakan kaki bagian luar.

Lihat juga:  Peraturan Bola Voli Terbaru 2020

Untuk melakukannya sangat mudah, awali dengan berdiri terlebih dahulu diantara bola. Dorong menggunakan kaki bagian luar ke arah depan secara perlahan. Pastikan perkenaan bola dengan tepat dan memiliki dorongan yang tidak terlalu cepat. Lakukan secara terus menerus ke depan hingga bola semakin lengket di kaki anda.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menggiring bola dengan baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.